English French Russian Japanese Arabic


Awan Aneh Mirip Gelembung Dijumpai di Michigan


Awan yang tampak di Michigan pada Senin (22/7/2013) bagi awam mungkin merupakan awan teraneh yang pernah disaksikan. Bagaimana tidak, awan tersebut tampak seperti gelembung yang menggantung di langit.

Dilaporkan Daily Mail, Rabu (24/7/2013), awan tersebut dijumpai sekitar pukul 20.30 di Iron Mountain. Warga yang menyaksikan awan tersebut terheran-heran dan mengunggah foto awan itu ke media sosial.

"Tiba-tiba awan itu tampak kuning, ini aneh dan misterius. Ini hal paling gila yang pernah saya lihat dengan mata dan kepala saya sendiri," tulis Jason Asselin, warga setempat, dalam sebuah posting video awan tersebut di YouTube.

Sementara itu, warga lain bernama Joe Nottage mengunggah foto awan tersebut ke Facebook dan bertanya, "Adakah yang bisa menjelaskan ini?"

Merespons pertanyaan Nottage, seorang pakar meteorologi bernama Jeff Last memberi penjelasan lewat Twitter bahwa awan tersebut adalah fenomena yang sudah dikenal dalam ilmu pengetahuan, bernama awan mammatus atau mammatocumulus.

Nama awan mengadopsi kata bahasa Latin "mammae" yang berarti payudara atau kelenjar susu.

Dalam keterangannya, Last menyatakan bahwa awan tersebut bisa terbentuk setelah adanya perubahan temperatur atau kelembaban yang besar. Fenomena awan ini juga bisa dikaitkan dengan akan datangnya hujan disertai petir ataupun tornado.

Awan mammatus memiliki bentuk serupa payudara atau kantong karena adanya udara yang menyusut. Awan ini bisa terentang sejauh ratusan kilometer serta terjadi hingga beberapa jam.

Video:




Penulis: Yunanto Wiji Utomo Rabu, 24 Juli 2013 | 18:43 WIB
Sumber: Sains.Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger