English French Russian Japanese Arabic


Kesurupan Dalam Tinjauan Medis

Pendahuluan
Kesurupan  merupakan fenomena yang sudah ada sejak lama pada berbagai suku bangsa. Pada suku–suku tertentu ini dikaitkan dengan ritual-ritual agama tertentu. Juga digunakan sebagai hiburan di pentas kesenian, Orang awam menyebutnya “kemasukan roh” Dalam dunia medis hal ini disebut “trance”

Dalam PPDGJ III gangguan ini dimasukkan dalam kelompok “gangguan disosiasi”

Sejarah

Trans sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno dan digunakan sebagai suatu cara pengobatan penyakit fisik dan mental.

Pada masyarakat Mesir Kuno terdapat kuil lelap (temple sleep) tempat orang meminta kesembuhan dengan cara memasuki keadaan trans yang dibimbing oleh para imam. Kuil ini juga terdapat di Yunani yang terdapat di Delphi. Pada masyarakat modern identifikasikan sebagai hipnosis pertama kali oleh Anton Mesmer (abad 18) dikenal dengan sebutan “magnetisme” dan “Mesmerisme”. Istilah hipnosis diperkenalkan pertama kali oleh James Braid dan digunakan dalam pengobatan gangguan psikosomatik.

Definisi
“Trans” yang disebut juga “twilight state” adalah suatu keadaan yang ditandai oleh perubahan kesadaran atau hilangnya penginderaan dari identitas diri dengan atau tanpa suatu identitas alternatif.(DSM IV TR). “Trans” adalah suatu keadaan kehidupan separuh sadar (half-light) antara realitas yang nyata dan fantasi yang gelap (Cameron, 1963). “Trans” adalah suatu perubahan status kesadaran dan menunjukkan penurunan responsivitas terhadap stimulus lingkungan (Kaplan, 1994). Menurut Hinsie dan Campbel (1970), mempunyai persamaan arti dengan hipnosis, katalepsi dan keadaan ekstasi atau kekaguman dapat juga diartikan terlena. ”Trans” adalah suatu bentuk kesadaran transaksional yang dibangkitkan untuk tujuan transformasi (Hukom,1977)

Etiologi
Trauma fisik dan mental
Kemarahan
Kecemasan
Kelelahan fisik
Struktur Kepribadian
Alam bawah sadar
Mekanisme Terjadinya
Stres / ritualistik / meditasi
Fungsi Ego Melemah
Batas Ego terbuka
Kekuatan bawah sadar bangkit
Kesurupan
Faktor yang membangkitkan
Musik / tetabuhan
Kata-kata / mantra
Cahaya yang menyilaukan
Situasi yang kacau
Kekaguman
Hipnosis

Gambaran Klinik

Pasien nampak dalam suatu keadaan separuh sadar,seperti mau pingsan atau dimabok cinta. Berada dalam suatu lingkungan dimana ada orang lain, tetapi mereka tenggelam dalam preokupasi regresi yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata atau tak bisa saling berbagi dengan orang lain. Kebanyakan orang yang mengalaminya tidak dapat menceritakan kembali apa yang telah dialami, kita bisa mengetahui dari melihat langsung (bukti langsung)

Kriteria Diagnosis

Menurut PPDGJ III :
Adanya kehilangan sementara penghayatan identitas diri dan kesadaran terhadap lingkungannya, individu berperilaku seakan-akan dikuasai oleh kepribadian lain, kekuatan gaib, malaikat, atau kekuatan lain. Hanya gangguan trans yang “involunter” (diluar kemauan individu)dan bukan merupakan aktivitas yang biasa, dan bukan merupakan kegiatan keagamaan ataupun budaya yang boleh dimasukkan dalam pengertian ini. Tidak ada penyebab organik (epilepsi, cedera kepala, intoksikasi zat psikoaktif) dan bukan bagian dari gangguan jiwa tertentu (skizofrenia, gangguan kepribadian multiple)

Pengobatan

Farmakologi :
1. Pemberian injeksi anti cemas atau    antipsikotik yang         membuat         penderita  lebih tenang
2. Psikologik
3. Hipnosis

Daftar Pustaka
1.  Setyonegoro RK. Budaya dan Gangguan Jiwa, Jiwa 1995;XXVIII (1): 1
2. Hukom AJ. Kuasa dan Pengetahuandalam Kesadaran Transaksional. Trans menurut gagasan Michael Foucault, Disertasi diajukan sebagai syarat untuk memperoleh gelar Doktor dalam Ilmu Filsafat pada Universitas Indonesia, Jakarta, 1997.
3. Suryani LK. Adnjana TAK. Kesurupan suatu fenomena masyarakat Hindu Bali. Jiwa 1996. XXIX (2) :57.
4. Maramis WF. Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya, Airlangga University Press, 1980: 418
5. Ingwantoro S. Penelaahan Trans Dan Hubungannya Dengan Hipnosis Serta Manfaatnya Dalam Psikiatri. Jiwa 2000;XXXIII (2); 185-193.
6. Kaplan HI, Sadock BJ. Synopsis of Psychiatry. seventh edition, Baltimore;Williams & Wilkins 1994:651
7. Cameron N. Personality Development and Psychopathology; Boston; Mifflin Company 1963;338-372

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger