English French Russian Japanese Arabic


Kesurupan Massal Bukan Mistis! Ini Penyebabnya


Adanya peristiwa kesurupan yang dialami puluhan dan seorang guru di SMPN 1 Koba, Bangka Tengah, memunculkan banyak anggapan, salah satunya mengenai hal-hal mistis.

Namun, sebenarnya tidak demikian. Karena, secara ilmiah dan ilmu kesehatan, kesurupan dapat dijelaskan secara medis. Menurut Risaldi, psikolog, kesurupan massal di SMPN 1 Koba, Rabu (6/2/2013), terjadi karena ada satu orang yang menjadi pemicu kesurupan.

Bisa juga ada tekanan tertentu, sehingga menimbulkan histeria. Ditambah lagi, mental usia remaja atau anak-anak masih lemah.

Sehingga, ketika melihat temannya kesurupan, mereka menjadi tegang, dan tanpa disadari menular. Maka, ekspresi yang muncul dari yang lain seperti kesurupan.

"Ketika terjadi ketegangan, siswa dan siswi ini hilang kontrol. Reaksinya menjerit, kejang-kejang. Kebanyakan menimpa perempuan, karena mereka cenderung penakut, sehingga tersugesti dan hilang kontrol," ungkap Risaldi saat ditemui Bangkapos.com (Tribunnews.com Network), Rabu.

Selain itu, lanjutnya, fenomena kesurupan terjadi karena anak-anak dijejali dengan cerita horor, serta kepercayaan atau keyakinan terhadap hal gaib yang berlebihan.

Sehingga, tanpa sadar mereka tersugesti, dan menimbulkan ketakutan tersendiri. Pertanyaan kenapa kesurupan banyak terjadi di sekolah, karena usia anak sekolah dan remaja masih labil dan mudah tersugesti.



Kamis, 7 Februari 2013 01:23 WIB
Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri
Sumber: TribunNews.com

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger