English French Russian Japanese Arabic


Ungkap Sejarah Manusia Melalui Histomap (Peta Ber Usia 4000 Tahun)

Bukan benar-benar peta, tapi grafik setinggi 5-kaki ini dapat menunjukkan dalam sekali lirik, 4.000 tahun sejarah manusia dalam skala global. "Histomap" ini diciptakan oleh John B. Sparks, pertama kali dicetak oleh Rand McNally pada tahun 1931.

Keindahannya adalah bagaimana Mr Sparks membagi kekuatan dunia menjadi faksi utama dan digambarkan dalam setiap kenaikan lima puluh tahun sejak tahun 2000 SM. Peradaban yang berbeda memiliki kode warna sendiri, sehingga orang dapat dengan mudah melacak aliran dan pasang-surutnya budaya selama berabad-abad.

Setidaknya histomap ini memiliki keunggulan: setiap kali kita membaca tentang beberapa peristiwa sejarah, kita dapat langsung melihat peristiwa sejarah apa lagi yang terjadi di dunia pada saat itu (misalnya, apa yang terjadi di Perancis selama Dinasti Ming). Kita juga akan mendapatkan rasa yang sangat intuitif dari jatuh dan bangunnya berbagai peradaban.

 
Perlu dicatat bahwa "Histomap" nya Spark tidak mencakup semua sejarah yang tercatat. Sistem Penulisan ditemukan di milenium ke-4 SM, 2000 tahun sebelum dimulainya Histomap ini. Sejarah yang tercatat, pada gilirannya, hanya bagian kecil dari sejarah panjang manusia, yang membentang hingga kembali ke Zaman Paleolitik 2,6 juta tahun yang lalu. Sejarah manusiapun masih sekejap mata jika dibandingkan dengan waktu Geologi atau usia Bumi, yang mungkin telah dimulai sedini 4,6 miliar tahun yang lalu selama era Hadean yang seiring dengan kelahiran tata surya. Berikut ini adalah bagan untuk memasukkannya ke dalam perspektif.

 
Karena diterbitkan pada tahun 1931, "Histomap" tentu tidak termasuk akhir Perang Dunia II, yang secara drastis mengubah keseimbangan kekuatan global.

Menyusul popularitas "Histomap", Sparks menghasilkan beberapa histomaps, termasuk "Histomap Evolusi" dan "Histomap Agama".

Sayangnya "Histomap Evolusi" Spark memiliki kesalahan fatal dan sangat rasis, memisahkan manusia modern ke dalam ras-ras yang berbeda. dan menurut evolusi versi Spark, berbedanya orang Cina dengan orang inggris sama dengan berbedanya mamalia dengan serangga.

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger