Rex, Manusia Bionik di Museum Sains London

Sebuah manusia robot senilai jutaan dolar diluncurkan di London, lengkap dengan organ buatan, pembuluh darah sintetis dan anggota tubuh lengkap.

Rex, si manusia robot yang setinggi lebih dari 180 cm, sedikit lebih tinggi dari Six Million Dollar Man.

Robot ini dirakit oleh tim ahli robot dari sebuah film dokumenter berjudul "Bagaimana Membuat Manusia Bionik". Tubuhnya sangat fungsional, bahkan dapat melihat.

Tim ini dipimpin oleh psikolog asal Swiss, Bertolt Meyer. Meyer terlahir tanpa tangan kiri, yang memicu minatnya pada ilmu bionik. Meyer kini memiliki tangan palsu, meskipun biaya sekitar 47.000 dolar, lebih murah sedikit dari Rex.

Meyer sangat antusias saat mengutarakan penemuan terbaru dalam teknologi prostetik.

Bertolt Meyer, Psikolog Swiss:
"Hebat, karena ini pertama kalinya saya bisa melenturkan pergelangan tangan, yang sebelumnya tidak pernah saya lakukan. Bisa dikatakan, cukup disayangkan bahwa teknologi ini belum tersedia, bilapun telah tersedia biayanya akan sangat mahal dan hal itu akan benar-benar tidak bisa saya capai."

Wajah robot Rex meniru wajah Meyer, dan juga Rex memiliki fitur keunggulan lain.

Bertolt Meyer, Psikolog Swiss:
"Satu keunggulan menurut saya yakni darah buatan yang mengalir melalui selang, karena ini terbuat dari nano-partikel yang mampu mengikat dan melepaskan oksigen, seperti normalnya darah manusia, hanya saja ini darah palsu, nano-partikel. Saya kira itu benar-benar fiksi ilmiah, jadi saya rasa ini sangat, sangat mengesankan. Juga fakta bahwa mereka memiliki persamaan dengan ginjal buatan yang benar-benar akan mampu menggantikan gagal ginjal tanpa harus melakukan transplantasi. Coba pikir manfaat besar apa yang dibawa teknologi ini."

Robot bionik ini dipublikasikan di Museum Pengetahuan London pada Kamis 7 Februari 2013 lalu.


0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Flag Counter






Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - Up To Date 2023 - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger