English French Russian Japanese Arabic


Belut Ungu Berwajah Alien Dijumpai di China


Spesies belut langka berwajah alien ditemukan di Danau Taihu, China. Belut tersebut memiliki wajah mirip dengan gambaran alien di film fiksi ilmiah.

Hewan berwajah mengerikan tersebut ditemukan di Danau Taihu di Yixing, Provinsi Jiangshu, wilayah timur China.

Dalam pemberitaan di situs Daily Mail, Senin (9/9/2013), tidak dijelaskan siapa dan kapan waktu tepatnya fauna itu ditemukan.

Belut yang ditemukan bukan jenis baru. Belut ini dikenal sebagai pemakan ikan kecil, Crustacea, dan invertebrata lainnya.

Dalam hidupnya, belut ungu goby tersebut bisa berenang sejauh 100 kilometer. Belut ini juga mampu hidup di luar lingkungan perairan selama beberapa saat dengan bantuan organ bernama rongga bronkus.

Ukuran fauna ini bisa mencapai 30 cm. Belut ini merupakan golongan hewan amphidromous, bereproduksi di air tawar, tetapi menghabiskan waktu hidupnya di laut. Umur hewan ini cuma beberapa bulan.

Penemuan hewan ini di wilayah danau sebenarnya tak biasa. Pasalnya, belut ungu ini biasanya ditemukan di muara atau laut.

Satwa ini tak cuma bisa ditemukan di China, tetapi juga tersebar di Afrika bagian timur, India, Australia, Jepang, Banglades, Papua Niugini, dan Kaledonia Baru.

Belut goby merupakan golongan hewan yang disebut Amblyopinae. Golongan ini terdiri atas 23 spesies. Tidak disebutkan, spesies apa yang ditemukan di China.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Selasa, 10 September 2013 | 10:20 WIB
Sumber: sains.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger