English French Russian Japanese Arabic


Armadillo-T, Mobil yang Bisa Dilipat


Hanya dengan satu sentuhan di telepon pintar, mobil listrik eksperimental ”Armadillo-T” bisa parkir secara otomatis, lalu melipat diri hampir separuhnya untuk menghemat tempat.

Mobil dua tempat duduk ini dikembangkan sesuai tren ramah lingkungan di lingkungan urban. Mobil mungil itu dapat menempuh jarak 100 kilometer untuk pengisian baterai selama 10 menit dengan kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.

Saat parkir, bagian belakangnya melipat ke depan dan mengurangi panjang mobil hingga tersisa 1,65 meter. ”Mobil itu dapat diparkir di setiap sudut jalan dan bangunan, apartemen, mal, atau supermarket,” ujar Suh In-soo, profesor pada Institut Sains dan Teknologi Tinggi Korea Selatan yang mengembangkan kendaraan mungil itu.

Untuk mengganti kaca spion samping, Suh menggunakan kamera di bagian belakang dan samping yang dihubungkan dengan televisi layar datar di dashboard.

Sayangnya, Armadillo- T tak bisa diproduksi secara luas dan digunakan oleh publik karena tidak memenuhi kriteria wajib kendaraan laik jalan di Korsel, yakni lolos uji benturan kecelakaan. Suh mengatakan, pemerintah seharusnya tak mewajibkan kendaraan kecil lolos uji tabrakan karena kecepatan maksimumnya tidak sampai menyebabkan kecelakaan fatal.


Kamis, 5 September 2013 | 08:13 WIB
Sumber: BBC, REUTERS, WAS, internasional.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger