English French Russian Japanese Arabic


Inilah Hewan Paling Buruk Rupa di Dunia


Blobfish (Psychrolutes marcidus) dinobatkan sebagai hewan paling buruk rupa oleh Asosiasi Sains Inggris pada Kamis (12/9/2013).

Lebih dari 3.000 orang berkontribusi dalam pemilihan hewan paling buruk rupa itu. Dari sejumlah pemilih, ada 765 suara yang menyatakan bahwa blobfish adalah hewan terburuk.

Diwartakan Physorg, Kamis (12/9/2013), blobfish adalah hewan berwarna merah jambu yang hidup di perairan dalam Pasifik. Hewan ini acap kali menjadi korban aktivitas penangkapan ikan memakai pukat.

Sementara, runner-up hewan terburuk dipegang kakapo, burung beo yang menyerupai burung hantu dari Selandia Baru. Posisi ketiga adalah axolotl, amfibi dari Meksiko yang kadang disebut "walking fish".

Dengan dinobatkannya blobfish sebagai fauna paling buruk rupa, maka spesies itu dinobatkan sebagai maskot Ugly Animal Preservation Society, organisasi yang berpusat di Inggris.

Pemilihan hewan paling buruk rupa tidak bertujuan untuk olok-olok, tetapi untuk meningkatkan kepedulian terhadap hewan yang terancam dan tidak memiliki wajah atau penampilan yang bagus.

Hewan yang punya peran penting bagi lingkungan bukan hanya hewan yang indah dilihat. Mereka yang buruk rupa juga punya peranan penting dalam ekosistem.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Jumat, 13 September 2013 | 19:38 WIB
Sumber: sains.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger