English French Russian Japanese Arabic


Ateisme Jadi Mata Pelajaran di Sekolah Irlandia!

Ateisme Jadi Mata Pelajaran di Sekolah Irlandia!

Irlandia, negara yang 84 persen penduduknya menganut Katolik, akan menjadi negara pertama di dunia yang mengajarkan prinsip dasar ateisme di sekolah. Guardian melaporkan, semua siswa di sekolah multidenominasional saat ini jumlahnya sekitar 16 ribu murid--akan menerima pelajaran sistem kepercayaan sekuler itu mulai September tahun depan.

Kurikulum baru, yang juga termasuk humanisme, dan agnostisisme, sedang dirancang bersama Educate Together--sebuah organisasi non-pemerintah yang bertanggung jawab atas 68 sekolah multidenominasional--dan Atheist Ireland, organisasi yang didirikan untuk mempromosikan ateisme, etis, dan paham sekuler.

Dalam situsnya, Atheist Ireland menjelaskan bahwa mereka belum memutuskan kelompok umur mana yang akan menjadi yang pertama untuk menerima pelajaran ateisme. Namun mereka menyatakan siap, bahkan untuk kelompok usia paling muda, 4-13 tahun. Mereka telah memproduksi 10 bahan ajar, masing-masing untuk 30 dan 40 menit, dan akan mengunggah seluruhnya di situs web mereka dan melalui aplikasismartphone.

Meski masuk dalam kurikulum, siswa yang mendapat pengajaran itu hanya sebagian kecil, atau sekitar 7 persen saja. Pasalnya, saat ini sebanyak 93 persen anak-anak Irlandia menuntut ilmu di sekolah yang dikelola oleh gereja Katolik.

Salah satu pendiri Atheist Ireland, Michael Nugent, menyatakan monopoli agama pada pendidikan membuat rencana pembelajaran barunya begitu penting. "Hal tui diperlukan karena sistem pendidikan Irlandia telah terlalu lama bias dan mendukung indoktrinasi agama," katanya.


Sumber : Tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

International Atheists International Atheists James Randi Foundation richard dawkins foundation
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Email: skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com | skepticalface@gmail.com
Copyright © 2013. Indonesian Skeptics - All Rights Reserved.
Template Created by Mas Kolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger